Rawon Daging, Alternatif Menu Buka Puasa

Masih punya bahan dasar daging sapi di kulkas dan bingung mau di masak apa untuk buka puasa nanti? Tidak ada salahnya anda mencoba menu rawon daging, yang memang cocok untuk menu buka puasa.

Yang paling penting ketika memasak dengan bahan dasar daging sapi adalah rebus daging hingga benar-benar empuk. Dijamin menu masakan apapun akan terasa nikmat.

Resep rawon daging di bawah ini masih bisa anda kreasikan lebih baik lagi. Langsung saja untuk bahan dan cara membuat rawon daging lebih lengkapnya anda bisa simak di bawah ini.

cara membuat rawon daging

Bahan Membuat Rawon Daging

  • 500 gram daging sapi yang dipotong kecil-kecil
  • 2 batang daun serai
  • 1 ruas lengkuas
  • taoge kecil secukupnya
  • Daun salam secukupnya
  • Daun jeruk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air putih matang secukupnya 

Bumbu Rawon Daging

  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah kluwek
  • 2 buah kemiri
  • 4 buah cabe merah

    Simak juga : Menu Pempek Palembang Untuk Buka Puasa
  • Daun bawang secukupnya
  • Kunyit secukupnya
  • Jahe secukupnya
  • Ketumbar secukupnya
  • Asam secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Rawon 

  1. Rebus air bersama dengan serai, daun jeruk, lengkuas, serta daun salam
  2. Setelah itu masukkan daging sapi dan masak sampai empuk
  3. Haluskan semua bumbu, lalu tumis bumbu sampai matang dan tercium bau harum
  4. Masukkan bumbu ke dalam rebusan daging
  5. Tambahkan sedikit garam dan gula sembari terus diaduk sampai matang
  6. Apabila sudah matang, angkat dan sajikan.

Terima kasih sekali untuk @renych_ yang sudah mau berbagai resep dan langkah membuat rawon daging untuk menu buka puasa.

Buat bunda yang mau mencobanya semoga berhasil dengan rasa yang nikmat dan tampilan yang lebih menggugah selera. Semoga juga bisa menambah kreasi masakan bunda di rumah untuk leuarga tercinta.

Sop Iga, Menu Buka Puasa Sekaligus Sahur

Jika memang bisa masak menu buka puasa sekaligus untuk menu sahur mengapa tidak. Jelas itu akan sangat meringankan pekerjaan bunda di rumah. Karena ketika sahur bunda tidak perlu repot bangun lebih awal untuk memasak, paling hanya menghangatkan saja.

Menu yang mungkin bisa salah satunya adalah sop iga. Cara membuatnya pun tidak terlalu ribet. Yang penting bunda masak daging iganya hingga empuk, jika perlu bunda presto selama kurang lebih 1 jam.

Untuk resep dan cara membuat sop iga secara lengkap anda bisa melihat resep di bawah ini. Sudah termasuk cara penyajian hingga tampil menggoda.

cara membuat sop iga

Bahan Membuat Sop Iga

  • 1 kg iga sapi, potong-potong lalu rebus sampai empuk
  • 2 buah wortel, iris tebal
  • 2 buah kentang, iris tebal
  • 2 batang kayu manis 
  • 10 butir cengkeh
  • Lada halus secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu Halus

  • 6 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1/2 butir pala

Pelengkap Sop Iga

  • Tomat merah
  • Daun bawang, iris halus
  • Seledri, iris halus
  • Bawang goreng
  • Jeruk nipis

Cara Membuat Sop Iga

  1. Rebus iga hingga empuk. 
  2. Setelah empuk tambahkan air lalu didihkan kembali.
  3. Tumis bumbu halus, kayu manis dan cengkeh hingga matang dan harum.

    Simak juga : Aneka Resep Selama Ramadhan
  4. Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan iga.
  5. Masukkan wortel dan kentang yang sudah dipotong-potong.
  6. Masukkan garam dan merica.
  7. Masak hingga mendidih dan wortel serta kentang empuk. Koreksi rasa jangan sampai lupa.


Untuk penyajiannya, anda bisa pindahkan sop iga kedalam mangkuk. Beri irisan tomat. Taburi dengan irisan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Beri perasan jeruk nipis. Siap disajikan.

Terima kasih banyak buat bunda @litarizkymaulana yang sudah berkenan membagikan resep sop iga yang pasti bikin ngiler ini. Selamat mencoba dan semoga bisa menambah kreasi masakan bunda di rumah.

Ikan Bawal Bakar Siram Kecap, Berbuka Jadi Lebih Manis

Jika selama bulan puasa ini anda belum menyajikan menu dengan bahan dasar ikan sama sekali sebaiknya anda simak resep dan cara membuat ikan bawal bakar siram kecap ini. Menu dengan bahan dasar ikan memang cukup baik untuk menu buka puasa.

Semua itu karena ikan mengandung protein yang sangat tinggi. Ada banyak cara ikan, dan salah satunya adalah di bakar dengan bumbu kecap. Cara yang satu ini tergolong mudah sehingga anda tidak akan malas untuk memasak menu ini ketika bulan puasa.

Untuk bahan dan cara membuat secara lengkapnya ada bisa langsung membaca resep ikan bawal bakar siram kecap di bawah ini.

cara membuat ikan bawal bakar siram kecap

Bahan Ikan Bawal Bakar Siram Kecap

  • 1 ekor ikan bawal, siangi

Bumbu halus

  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam

Bahan kecap

  • 50 ml kecap manis
  • 10 buah cabe rawit merah dan hijau, iris tipis
  • 3 buah bawang merah iris tipis

Cara Membuat Ikan Bawal Bakar Siram Kecap

  1. Ikan bawal lumuri dengan bumbu halus dan diamkan selama 1 jam,
  2. Kemudian bakar ikan bawal tersebut
  3. Campur semua bahan kecap
  4. Begitu ikan matang langsung siram di atas ikan selagi ikan panas, agar kecap meresap

Terima kasih sekali untuk @antung_asyiah015 yang sudah berkenan membagikan resep ikan bawal bakar siram kecap yang sangat menggugah selera ini.

Simak juga : Cara Membuat Es Campur Untuk Buka Puasa

Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan, selain itu juga semoga bisa menambah kreasi masakan bunda untuk keluarga.

Udon Kuah, Buka Puasa Ala Jepang

Menyiapkan menu buka puasa dan juga menu sahur selama satu bulan penuh jelas bukan hal yang mudah. Apalagi di bulan puasa semua menu harus lebih istimewa di bandingkan menu sehari-hari. Karena berfungsi untuk menggugah nafsu makan setelah seharian berpuasa.

Besar kemungkinan anda akan bosan dengan menu yang sudah ada, menu sehari-hari misalnya. Solusinya anda bisa mencoba masakan khas Jepang, sehingga anda akan merasakan sensasi buka puasa di Jepang.

Udon kuah, menu yang satu ini cukup mudah membuatnya. Sehingga tidak akan membuat anda repot dalam menyiapkan menu buka puasa. Untuk resep dan cara membuat udon kuah secara lengkap, simak penjelasannya di bawah ini.

cara membuat udon kuah

Bahan Membuat Udon Kuah

  • Mie udon
  • Dashi (kaldu, pakai dashi instant bubuk yang di campur dengan air)
  • 200 gr jamur tiram
  • 1/2 bawang bombay

    Simak juga : Beragam Menu Minuman Buka Puasa
  • 2 siung bawang putih
  • Garam, gula, lada hitam
  • Kecap asin
  • 1 sdm kecap manis
  • Daun bawang iris, sawi sendok dan tauge jepang untuk pelengkap

Tips : Kalau susah cari Dashi, buat sendiri bisa kok. Pakai katsuoboshi (serutan ikan yang biasanya untuk taburan takoyaki) direbus dengan air.

Cara Membuat Udon Kuah

  1. Rebus udon dan sawi sendok. Sisihkan. 
  2. Rebus kuah untuk udon. Bubuk dashi dicampur dengan air secukupnya. Rebus dengan bawang putih geprek. Bumbui sedikit dengan garam atau kecap asin. Bisa ditaburi dengan irisan daun bawang. 
  3. Cuci jamur tiram dan peras hingga kering. Potong kecil-kecil. 
  4. Tumis bawang bombay, masukkan jamur tiram dan bumbui dengan garam, gula, lada hitam, kecap manis. 
  5. Tata udon di mangkuk. Tata sawi sendok, tauge dan jamur tiram dipinggir.
  6. Beri kuah dan taburi daun bawang. Siap disajikan.

Terima kasih banyak buat @ms.rinadedik yang sudah berkenan membagikan resep udon kuah ini. Sehingga bisa menambah kreasi masakan bunda di rumah. Dan sepertinya memang cocok sekali untuk menemani buka puasa.

Terutama untuk yang sudah bosan dengan menu yang ada. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan serta bisa menambah kreasi masakan bunda di rumah.

Teri Cabe Ijo, Masaknya Cepet Banget

Masak memang pekerjaan yang cukup melelahkan, meskipun anda suka memasak pun akan melelahkan. Apalagi jika anda menyiapkan banyak menu untuk hidangan buka puasa misalnya, jelas akan menguras tenaga anda.

Dan mungkin itu yang membuat banyak wanita malas masak lalu memilih membeli masakan yang sudah jadi. Padahal dengan memasak sendiri anda bisa menjaga kebersihan serta gizi dalam makanan yang anda masak.

Teri cabe ijo, menu makanan yang satu ini sangat muda dan cepet banget masaknya. Solusi ampuh untuk anda yang males masak. Langsung saja simak resep dan cara membuat teri cabe ijo secara lengkapnya di bawag ini.

cara membuat teri cabe ijo

Bahan Membuat Teri Cabe Ijo

  • 100gr teri medan/jengki, goreng kering
  • 50gr cabe ijo keriting ulek kasar
  • 50gr cabe rawit ijo, potong serong
  • 5 biji blimbing wuluh

    Simak juga : Cara Asik Membuat Minuman Buka Puasa
  • 3 siung bawang putih, ulek kasar
  • 5 siung bawang merah iris kasar
  • 1sdt kaldu ayam bubuk 
  • 1/2sdt gula 

Cara Membuat Teri Cabe Ijo

  1. Tumis bawang putih, bawang merah dan cabe ijo
  2. Kemudian masukkan blimbing wuluh dan aduk hingga layu
  3. Masukkan gula dan kaldu bubuk lalu aduk rata
  4. Masukkan teri, aduk rata
  5. Angkat, sajikan selagi hangat (lebih enak dengan nasi putih hangat juga)

Terima kasih untuk @henimaria yang sudah membagikan resep dan juga cara membuat teri cabe ijo yang super gampang buatnya. Cocok bangat untuk anda yang tidak suka masak menu lama dan ribet. Teri cabe ijo ini simpel dan bahannya pun cukup mudah.

Selamat mencoba membuat teri cabe ijo di rumah. Semoga keluarga suka dan bisa menambah kreasi masakan anda di rumah.

Sop Buntut dan Nasi Hangat Temani Buka Puasa

Setelah seharian berpuasa memang seharusnya kita itu berbuka puasa dengan menu makanan yang menggugah selera dan pastinya bergizi. Untuk mencukupi itu semua anda bisa mencoba masak sop buntut dengan beberapa macam sayur di dalamnya.

Di dalam resep sop buntut ini akan ada wortel, kentang dan juga brokoli yang bisa mencukupi gizi tubuh. Intinya agar sop buntut bunda enak adalah rebus daging buntut sapi hingga empuk sekali, dijamin keluarga akan suka dan tidak malas menyantapnya.

Sudah pasti nikmat sekali suasana berbuka puasa bunda dengan adanya sop buntut dan nasi hangat. Langsung saja simak resep dan cara membuat sop buntut secara lengkapnya di bawah ini.

cara membuat sop buntut

Bahan Membuat Sop Buntut

  • 400gr buntut sapi
  • 2,5 liter air 
  • 3 buah wortel kecil potong dadu
  • 2 buah kentang kecil potong dadu
  • Brokoli
  • 6 siung bawang putih geprek
  • Garam
  • Gula (sedikit aja)
  • Merica
  • bawang merah goreng, irisan daun bawang (bahan pelengkap)

Cara Membuat Sop Buntut

  1. Rebus buntut sapi menggunakan panci presto selama kurang lebih 45 menit. Misal tidak ada panci presto, panci biasa aja bisa, tapi rebusnya lebih lama.
  2. Kalau sudah direbus sampai empuk, masukkan bawang putih yang sudah digeprek.

    Simak juga : Cara Membuat Aneka Minuman Buka Puasa
  3. Bumbui dengan garam, gula dan merica. 
  4. Masukkan wortel dan kentang.
  5. Terakhir masukkan brokoli. Jangan terlalu lama ngerebusnya biar warnanya tetep cantik dan sayurannya juga masih crunchy. 
  6. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng dan irisan daun bawang. Dimakan pake nasi hangat.

Terima kasih sekali untuk @ms.rinadedik yang sudah berkenan untuk membagikan resep dan cara membuat sop buntut yang menggoda ini. Yang perlu anda ingat adalah jangan merebus brokoli terlalu lama agar tampilan sop buntut bunda terlihat sangat menggoda.

Selamat mencoba buat anda, semoga sop buntutnya enak dan keluarga suka. Semoga juga menu ini bisa menambah masakan bunda selama ramadhan.

Bakso Bakar Bumbu Kecap Pedas

Buka puasa memang identik dengan minuman yang manis dan camilan sebelum makan berat setelah seharian berpuasa. Biasanya camilan yang paling mudah adalah gorengan, namun kali ini ada solusi bagi bunda yang bosan dengan camilan yang itu-itu aja.

Kali ini ada resep bakso bakar bumbu kecap pedas, cara membuat bakso bakar bumbu kecap pedas ini juga cukup mudah kok. Dijamin buah hati anda akan suka dengan menu camilan buka puasa yang satu ini. Langsung saja simak bahan dan cara membuat secara lengkapnya di bawah ini.

Bakso Bakar Bumbu Kecap Pedas

Bahan Membuat Bakso Bakar

  • 24 btr bakso sapi
  • 60 ml kecap manis
  • 3 btr bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica bubuk

    Baca juga : Resep Aneka Minuman Buka Puasa
  • 1/2 sdt garam
  • 5 buah cabe rawit, iris
  • 3 btr bawang merah, iris
  • 1 btr bawang, iris
  • 1 btr tomat, iris
  • margarin secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat Bakso Bumbu Bakar Kecap Pedas

  1. Tusuk-tusuk bakso, lalu olesi dengan margarin.
  2. Haluskan garam, ketumbar, bawang dan merica bubuk bersamaan.
  3. Masukkan ke dalam wadah,kemudian masukkan kecap tuang air kira-kira 5-10 sdm aduk rata.
  4. Bakar bakso kurang lebih 1 menit, olesi dengan bumbu, bakar lagi setengah matang, olesi lagi dengan bumbu, bakar lagi hingga matang.
  5. Tumis sisa bumbu olesan tadi, masukkan irisan cabe, bawang merah-putih dan tomat, aduk-aduk hingga sedikit mengental, lalu angkat.
  6. Siramkan ke bakso bakar dan sajikan.

Menu camilan yang satu ini jelas akan disukai buah hati anda, sehingga jika buah hati belum suka makanan yang pedas sebaiknya bunda sesuaikan level pedasnya. Atau bisa juga dengan membuat dua bumbu, yang satu pedas untuk orang tua dan yang kurang pedas untuk buah hati.

Semoga resep dari @aktrinurfaa ini bisa membantu bunda menyiapkan menu camilan buka puasa. Selamat mencoba, semoga keluarga suka dengan menunya.

Oseng Kikil Mercon, Menu Buka Puasa Pedas

Doyan banget dengan olahan kikil? Ingin masak olahan kikil sebagai menu buka puasa? Oseng kikil mercon dengan sensasi pedas ini mungkin bisa anda coba. Tidak sedikit memang yang suka dengan kikil, mungkin karena cita rasa kenyal-kenyal yang ditimbulkan, hehe.

Rahasia agar kikil menjadi enak adalah rebus hingga empuk, mending nunggu direbus lama bund daripada makan kikil yang kesana-kemari saat dimakan. Resep oseng kikil mercon ini cukup pedas, jika anda takut sakit perut saat bulan puasa sebaiknya sesuaikan saja pedasnya.

Resep dan cara membuat oseng kikil lebih lengkapnya ada di bawah. Anda bisa mencobanya untuk hidangan berbuka puasa, kalau boleh memberi saran sebaiknya anda kombinasikan dengan es kelapa muda segar.

Oseng Kikil Mercon

Bahan Membuat Oseng Kikil

  • 500 gram kikil sapi
  • 2 papan pete
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 200 gram cabe hijau
  • Jahe 2 sdm
  • Laos 4 cm
  • 3 lembar daun salam
  • 10 bh cabe rawit
  • 2 sdm gula merah
  • 3 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm saos tiram

Cara Membuat Oseng Kikil

  1. Cuci bersih kikil, rebus kikil sampai empuk, potong kecil dan sisihkan
  2. Keluarkan pete dari kulitnya, rebus, saring airnya
  3. Iris bumbu : bawang merah, bawang putih, cabe hijau, cabe rawit. (jahe dan laos digeprek)

    Simak juga : Menu Sahur Bergizi Selama 1 Bulan
  4. Tumis bumbu yang sudah di iris, masukkan jahe, laos, daun salam, tumis sampai harum.
  5. Masukkan kikil, bumbui dengan garam, gula merah, saus tiram, terakhir beri kecap.
  6. Masukkan pete, masak sebentar, cicipi rasanya
  7. Siap dihidangkan

Terima kasih untuk @dwishintami yang sudah membagikan resep oseng kikil super pedas ini. Menu yang satu ini sebaiknya memang disajikan dengan sensasi pedas yang wow, namun jika anda kurang suka pedas bisa mengurangi level pedasnya. Selamat mencoba.

Sate Jamur Tiram, Menu Buka Puasa Menggoda

Menu makanan dengan bahan dasar ayam memang sangat mudah sekali membuatnya dan banyak variasinya. Namun jika anda sudah bosan dengan menu dengan bahan dasar ayam namun ingin masak sate untuk menu buka puasa, sebaiknya anda simak resep ini.

Sate jamur tiram, solusi yang cukup ampuh jika anda ingin makan sate namun bosan dengan olahan daging ayam, sapi maupun kambing. Sate jamur tiram tidak kalah nikmatnya dengan sate lainnya, selain itu juga sangat bergizi.

Cara membuatnya juga tidak kalah mudah dengan sate lainnya. Langsung saja simak resep dan cara membuat sate jamur tiram lebih lengkapnya di bawah ini.

Sate Jamur Tiram

Bahan Utama Sate Jamur Tiram

  • 150 gram jamur tiram

Bahan Rendaman

  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap manis
  • secukupnya garam
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan

Bahan Olesan

  • secukupnya margarin, lelehkan
  • secukupnya kecap manis

Bahan Sambal Kecap

  • 3 sdm kecap
  • 1 buah bawang merah
  • 5 buah cabe merah kecil

Cara Membuat Sate Jamur Tiram
  1. Cuci jamur tiram, rebus di air mendidih sampai agak layu. Suwir-suwir jamurnya. Rendam di bumbu perendam selama 10-15 menit

    Baca juga : Menu Sahur Simple Selama 1 Bulan
  2. Tusuk jamurnya di tusuk sate. Lalu bakar. (saat dibakar oles juga dengan campuran margarin dan kecap manis).
  3. Bakar sampai matang, angkat dan sajikan. Supaya nikmat sajikan dengan sambal kecap (potong-potong cabe dan bawang merah lalu campur dengan kecap manis).

Terima kasih untuk @fitrisasmaya yang sudah memberikan ide resep sate jamur tiram sebagai menu buka puasa. Untuk menu sahur sepertinya juga bisa sih, anda bisa membuatnya ketika malam hari sehingga ketika sahur tinggal di angetin aja. Selamat mencoba.

Nasi Bakar Seafood, Nikmatnya Buka Puasa

Sudahkan anda makan seafood selama bulan puasa ini? Apabila belum dan memang sedang memikirkan untuk memasak seafood sebagai menu buka puasa sebaiknya anda sajikan menu berikut ini, nasi bakar seafood.

Baru denger aja sudah kebayang gimana nikmatnya, apalagi kalau di santap selagi hangat. Cara membuat nasi bakat seafood ini cukup mudah sekali jika anda memiliki niat yang kuat untuk sedikit repot, hehe.

Resep nasi bakar seafood kali ini menggunakan nasi merah, jika anda kurang suka dengan nasi merah maka anda bisa menggantinya dengan nasi putih biasa. Berikut resep dan cara membuat nasi bakar seafood lebih lengkpanya.

Nasi Bakar Seafood

Bahan Membuat Nasi Bakar Seafood

  • 200 gr udang kupas, cincang
  • 200 gr cumi-cumi, potong bentuk korek api
  • 700 gr beras merah
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 2 btg daun bawang, iris
  • 5 buah bawang merah, iris
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1200 ml air kaldu ayam
  • 5 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bahan pembungkus :

  • Daun pisang
  • Daun salam
  • Sereh

Cara Membuat Nasi Bakar Seafood

  1. Panaskan wajan, masukkan minyak untuk menumis, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
  2. Masukkan udang dan cumi-cumi aduk hingga berubah warna
  3. Masukkan wortel dan daun bawang aduk rata
  4. Tuang air kaldu, masak hingga mendidih dengan api besar
  5. Tambahkan garam dan merica aduk rata

    Baca juga : Menu Sahur Bergizi Selama 1 Bulan
  6. Masukkan beras merah, masak hingga air meresap ke dalam beras selama 10 menit, sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Jika air sudah meresap dan air menyusut, aduk sebentar lalu matikan api
  7. Kukus beras selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang
  8. Bungkus nasi merah yang sudah matang dengan daun pisang, dengan cara letakkan beberapa sendok nasi di atas daun pisang, beri daun salam dan sereh, tutup dengan beberapa sendok nasi merah, kemudian gulung daun pisang dan sematkan lidi/tusuk gigi
  9. Bakar di atas wajan teflon, hingga daun pisang agak layu dan berwarna kecoklatan
  10. Angkat dan sajikan

Terima kasih @21charisma yang sudah berbagai resep sehat dan nikmat ini. Sangat cocok untuk menu buka puasa. Perlu dicatat bahwa menu yang satu ini sangat nikmat jika anda santa selagi hangat. Selamat mencoba.

Cheese Cake Lumer, Buka Puasa Sensasi Keju

Sudah memikirkan untuk membuat cheese cake lumer sebagai hidangan berbuka puasa? Tunggu apalagi karena menu dessert yang satu ini sangat cocok menemani buka puasa anda. Terlebih lagi jika anda sangat suka dengan keju.

Dengan membuat cheese cake lumer ini maka suasana berbuka puasa anda akan ada sensasi keju banget. Berikut ini bahan dan cara membuat cheese cake lumer lebih lengkapnya.

Cheese Cake Lumer

Bahan Membuat Cheese Cake Lumer

  • 100 gr keju parut
  • 200 ml santan
  • 225 ml susu cair
  • 3 SDM Skm (susu kental manis)
  • 1 SDM margarine
  • 2 SDM gula
  • Garam secukupnya
  • 3 SDM maizena

Bahan Topping Cheese Cake Lumer

  • keju
  • gabin / kebeng

Cara Membuat Cheese Cake Lumer

  1. Campur semua bahan, kecuali maizena. Aduk sampai larut
  2. Setelah larut, masukkan maizena, Aduk hingga mendidih dan meletup-letup 
  3. Angkat kemudian tata di cup / gelas 
  4. Simpan di kulkas

Terima kasih untuk @arta.zhang yang sudah berbagai resep cheese cake lumer ini yang tergolong sangat mudah mendapatkan bahannya. Bagi anda yang baru belajar memasak juga sangat gampang membuat cheese cake lumer ini.

Baca juga : Menu Sahur Yang Sangat Menggugah Selera

Jangan ragu untuk mencoba resep dessert yang satu ini, dan pastinya sangat pas untuk menemani buka puasa anda bersama keluarga kecil maupun keluarga besar anda. Selamat mencoba.

Chicken Cordon Bleu, Menu Buka Puasa Simple

Untuk menu buka puasa kali ini ada chicken cordon bleu, mungkin sudah banyak dari anda yang mengetahui dan pernah membuat menu ini. Alasan memilih menu ini sebagai menu untuk buka puasa adalah cara membuatnya yang mudah.

Selain mudah, chicken cordon bleu ini sangat cepat membuatnya serta bahan yang dibutuhkan tergolong mudah. Yang paling penting, menu chicken cordon bleu ini tidak akan membuat anda kenyang banget, sehingga sangat pas untuk menu buka puasa.

Chicken Cordon Bleu

Sembari membuat menu ini, anda bisa membuat menu lainnya sembari menunggu chicken cordon bleu di dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam. Berikut bahan dan juga cara membuat chicken cordon bleu secara lengkap.

Bahan Membuat Chicken Cordon Bleu

  • 1 pasang dada ayam, belah 2 kemudian tipiskan hingga benar-benar tipis (jangan sampai robek)
  • 2-4 lembar keju
  • 2-4 lembar daging asap

Bumbu Marinasi Ayam

  • 1/2 sdt paprika bubuk
  • 1 sdt garam halus
  • 1/2 sdt lada hitam bubuk

Bahan Pelapis

  • Tepung terigu, secukupnya
  • 1 butir telur + 2 sdm susu cair
  • Tepung Roti kasar, secukupnya

Bahan Pelengkap

  • kentang goreng
  • setup wortel dan jagung
  • Simple Gravy Sauce: tumis 4 buah jamur kancing diiris tipis dgn sedikit minyak. Masukan 150ml kaldu sapi. Didihkan. Masukan pengental (1 sdt tepung maizena + 1 sdm air), aduk rata, didihkan, siap digunakan

Cara Membuat Chicken Cordon Bleu

  1. Taburi bumbu marinasi ayam, ke potongan daging ayam. Diamkan 20 menit
  2. Lebarkan daging ada ayam diatas talenan atau piring, letakan 1-2 lembar keju dan 1-2 lembar daging asap, disesuaikan denga selera aja. Ketika meletakan jangan ditumpuk di satu bagian, sebarkan hampir di seluruh bagian tapi jangan sampai keluar dari daging ayam
  3. Gulung dan padatkan, sampai benar benar padat, lalu tusuk dengan tusuk gigi hingga rapat dan terkunci. Simpan di kulkas selama minimal 1 jam

    Simak juga : Menu Sahur Nikmat Selama 1 Bulan
  4. Balurkan dengan tepung terigu, masukan ke telur, masukan ke tepung roti. Remas-remas dan pijat-pijat tepung ke ayam supaya benar2 merekat seluruhnya. Diamkan lagi di kulkas minimal 30 menit hingga tepungnya menempel
  5. Goreng dengan minyak panas dan api kecil selama 15 menit hingga matang, angkat dan tiriskan. Diamkan selama 10 menit. Sajikan dengan pelengkap. Selamat mencoba.

Terima kasih untuk @dee_devina yang sudah mau berbagi resep simple namun sangat membantu ini. Semoga bisa dibuat semua bunda yang bingung mau masak menu apa untuk berbuka puasa kali ini. Untuk minuman yang bisa menemani buka puasa, mungkin anda bisa mencoba es buah susu atau es buah selasih.